TAMASYA BERSAMA JABAT (13 MEI 2017)

Foto 1.png

Dokumentasi Pertemuan Luar Ruangan Jabat

Pertemuan Jabat bisa di luar ruangan! Keseruan selalu hadir di setiap pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters. Antusiasme anggota dan tamu yang hadir menambah semarak tiap pertemuan. Hari ini, berlokasi di kebun binatang Ragunan, Jakarta Bahasa Toastmasters mengadakan pertemuan dengan tema “Tamasya bersama Jabat” dengan kata acuan “Santai”. Tema ini dipilih, karena setiap tahunnya, Jabat memang rutin mengadakan pertemuan luar ruangan dengan suasana tamasya. Selain itu, kata acuan dipilih mengingat begitu banyaknya hal-hal menegangkan yang terjadi belakangan ini maka diharap pada hari ini anggota dan tamu bisa “santai” sejenak.

Pertemuan dipandu oleh TM Iksan dan TM Azka selaku pengarah acara. Menggunakan tema kostum “Piknik Merah Meriah”, kedua pengarah acara ini tampak sangat bersemangat memandu pertemuan.

Foto 2

Dokumentasi: TM Azka dan TM Iksan selaku pengarah acara

Pertemuan hari ini dilakukan dengan format berbeda. Dibuka dengan sesi pertama yaitu sesi pidato dipersiapkan, TM Masyita dan TM Silvi membawakan pidato humor yang kocak untuk para anggota dan tamu yang hadir. Pemenang dalam sesi inipun dipilih dengan cara yang berbeda, yaitu dengan tepuk tangan yang menyaksikan.

Sesi kedua adalah sesi pidato dadakan. Tujuan sesi ini adalah agar peserta dapat bersiap jika suatu saat dalam kondisi mendadak diminta untuk berbicara di depan umum. Semisal: diminta membawakan presentasi oleh atasan, menjawab pertanyaan diskusi, ataupun berbicara di depan orang asing. Pada sesi ini, peserta yang hadir akan diberikan kesempatan menjawab pertanyaan dengan meletuskan balon yang sudah dipersiapkan panitia. Di dalam balon tersebut, sudah tersedia pertanyaan-pertanyaan berupa situasi yang harus dilakukan dan dihadapi peserta. Ada dua kategori situasi. Pertama, “Ups..Ketahuan” dan “Ceritakan rahasiamu”.

Sesi ketiga adalah sesi permainan. Sesi ini berisi dua permainan yang dilakukan secara aktif oleh anggota dan tamu yang hadir. Permainan yang pertama adalah merangkai kata dan yang kedua adalah bermain ala OVJ. Permainan ini menuntut pesertanya untuk aktif falammenggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terutama ketika merangkai kata-kata dengan kreativitas.

Setelah permainan selesai, saatnya sesi panggung kehormatan. Pada pertemuan kali ini, pemenang juara adalah semua anggota dan tamu yang hadir dan aktif mengikuti kegiatan. Begitu banyak keceriaan, begitu banyak kesan. Pertemuan kali ini rasanya teramat manis. Semanis coklat kenang-kenangan untuk sang pemenang tiap sesi.

Foto 3

Dokumentasi: Panitia pertemuan luar ruangan 13 Mei 2017
Kiri: (TM Lies, TM Azka, TM Wenny, TM Iksan, TM Bima, TM Masyita, TM Raja)

Foto 4

Dokumentasi: Tim merah pada saat permainan pertama (merangkai kata)

Foto 5

 

Leave a Reply