JABATAN ADALAH PENGABDIAN (8 JULI 2017)

               Sabtu ini Jakarta Bahasa Toastmasters kembali merayakan pertemuan spesial di restoran Rempah Iting, Menteng. Tema acara adalah “Jabatan adalah Pengabdian” dengan kata acuan “Amanah”. Tema ini dipilih dalam rangka pengangkatan pengurus Jabat yang baru yang mengingatkan mereka bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang harus mereka gunakan sebaik-baiknya untuk kebaikan anggota.

               Pengarah Acara pada hari itu adalah TM Hani dibantu oleh Penilai Umum TM Bagus. TM Bagus dibantu oleh timnya yang terdiri dari TM Bima sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Wenny sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Ulfa sebagai Pencatat Waktu, dan TM Neli sebagai Pengumpul Kertas Suara. Pertemuan dibagi menjadi 4 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, Sesi Laporan Pertanggung Jawaban & Pelantikan Pengurus, dan Sesi Penilaian Umum.

               Pembicara pertama Sesi Pidato yang Dipersiapkan adalah TM Maharani dengan judul pidato “Indikator Kebahagiaan”. Pidato ini menceritakan perjalanan TM Maharani ke Bhutan, sebuah negara kecil yang diberi julukan “Negara Bahagia”. Penjalanan itu menyadarkan TM Maharani akan arti sebuah kebahagiaan. Pembicara berikutnya adalah TM Vania yang membawakan pidato “Siapa yang Anda Biarkan Menang?” Dengan pertanyaan ini TM Vania bercerita bahwa saat kita gagal dan menyerah maka kita tidak membiarkan diri kita menang. Pembicara terakhir ialah TM Ikhsan dengan judul pidato “Menjadi Alay itu Baik”. Melalui berbagai slide, TM Ikhsan berhasil mengocok perut hadirin dengan pidatonya yang kocak.

               Pertemuan kemudian dilanjutkan ke Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh TM Winda. Di sesi ini setiap orang berlomba untuk memberi jawaban terbaik atas pertanyaan yang baru mereka dengar sebelumnya.

               Setelah dihibur oleh Sesi Pidato Dadakan, pertemuan dilanjutkan ke puncak pertemuan yaitu Laporan Pertanggungjawaban dan Pelantikan Pengurus. Sesi ini dibuka dengan presentasi dari TM Sasti yang menyampaikan prestasi klub Jabat selama 1 tahun terakhir. Pertemuan lalu dilanjutkan ke pelepasan pengurus 2106/2017 dan pelantikan pengurus 2017/2018 yang dipimpim oleh Area Director I.3, CC Adit. CC, CL Sasti, CC, CL Cephi, CC Fauzan, CC Teguh, TM Cynthis, dan TM Lambang yang merupakan pengurus 2016/2017 masing-masing memberikan pesan dan harapan mereka kepada pengurus 2017/2018. Adapun susunan pengurus 2017/2018 adalah CC Fauzan sebagai Ketua, TM Maharani sebagai Kabid Pendidikan, TM Winda sebagai Kabid Keanggotaan, TM Vania sebagai Kabid Humas, TM Wenny sebagai Sekretaris, TM Azka sebagai Bendahara, dan TM Agus sebagai Pelaksana Umum.

 

Pemenang Pertemuan 8 Juli 2017

              Sesi berikutnya adalah Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini CC, CL Cephi, TM Cynthis, CC, CL Ade masing-masing memberikan penilaian kepada TM Maharani, TM Vania, dan TM Ikhsan. Di sesi ini juga Penilai Umum dan tim menyampaikan laporannya. Akhirnya tibalah pertemuan di bagian yang ditunggu-tunggu yaitu panggung kehormatan dimana semua pembicara terfavorit setiap sesi diumumkan. Pada pertemuan itu, TM Ikhsan, TM Teguh, dan TM Cynthis keluar sebagai pemenang favorit setiap sesi.

 

 

               Demikianlah pertemuan JABAT pada hari itu. Terima kasih para pengurus 2016/2017 atas pengabdiannya selama ini. Selamat bertugas kepada para pengurus 2017/2018. Semoga ke depannya Jakarta Bahasa Toastmasters menjadi lebih baik lagi

 

Ditulis oleh: Cynthis, TM

Leave a Reply