KONTES PIDATO HUMOR DAN EVALUASI GABUNGAN: JABAT & EXCELLENT (26 Agustus 2017)

          Pada hari Sabtu, 26 Juli 2017, tidak seperti biasanya, sejak pukul 09.30 WIB, kursi-kursi terlihat berjejer di Rempah Iting. Ya, hari ini adalah Jakarta Bahasa Toastmasters (“Jabat”) dan Excellent Toastmasters (“Excellent”) mengadakan kontes pidato humor dan evaluasi gabungan! Kontes adalah suatu wadah untuk menguji kemampuan berbicara yang diadakan setiap beberapa periode waktu di Toastmasters. Kecerian tampak di wajah para panitia dan tamu.

          Kontes pidato humor dan evaluasi gabungan hari ini dibagi atas 3 sesi: kontes evaluasi, kontes pidato humor, dan kontes tall tales. Kontes evaluasi, kontes pidato humor, dan kontes tall tales diadakan bergantian antara Jabat dan Excellent. Ketua kontes dari Jabat dan Excellent secara berurutan adalah Cynthis CC, dan TM Ratih. Kedua wanitah tangguh ini dibantu oleh Pemandu Kontes dari Jabat dan Jakarta Toastmasters Club (“JTC”) secara berurutan TM Masyitha dan TM Ranny Anita. Keduanya membacakan aturan kontes dan menggiring hadirin memasuki sesi kontes.

          Sesi pertama adalah kontes evaluasi. Pada sesi kontes evaluasi Jabat, diundang TM Galih dari JTC untuk memberikan sebuah pidato yang tidak diketahui sebelumnya. Para evaluator bergantian memberikan penilaian terhadap pembicara dari kontes evaluasi. Evaluator Jabat adalah TM Ikhsan, TM Vania, TM Cephi, TM Bima, dan TM Indri. Kemudian dilanjutkan dengan kontes evaluasi Excellent. 

          Sesi kedua adalah kontes pidato humor. Pada sesi ini para pembicara telah diberi waktu beberapa minggu sebelumnya untuk menyiapkan pidato humor dan diharapkan dapat menggelitik perut para juri dan hadirin. Peserta kontes pidato humor Jabat adalah TM Ikhsan, TM Agus, TM Anthony, TM Indri, dan TM Fauzan. Kemudian dilanjutkan dengan kontes pidato humor Excellent. 

          Pukul 12.00 sampai dengan pukul 12.45 adalah waktu istirahat. Hadirin dipersilahkan untuk makan, sholat, dan bercengkrama. Lauk untuk hari ini adalah Ayam Presto oleh Rempah Iting. Suasana pada saat istirahat terlihat hangat. Para tamu melakukan aktifitas masing-masing. Ada yang berfoto, sholat, mengobrol santai dan menikmati makanan!

          Sesi ketiga adalah kontes tall tales. Sayangnya tahun ini belum ada anggota Jabat yang ikut berpartisipasi. Kontes tall tales dilaksanakan oleh Excellent. Sungguh kontes yang menambah pengetahuan anggota Jabat. Setelah kontes tersebut, hadirin diberi waktu sejenak untuk beristirahat.

          Setelah selesai istirahat singkat, Pemandu kontes dari Jabat dan Excellent memeriahkan suasana dengan mewawancara para kontestan. Para kontestan memberikan beberapa kesan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada para panitia yang telah begitu bersemangat dalam menyelenggarakan kontes. Berikut foto panitia kontes gabungan:

Foto para panitia Jabat & Excellent

          Sesi yang ditunggu akhirnya tiba, yaitu sesi pengumuman pemenang. Pemenang dari kontes penilaian Jabat adalah TM Indri (Juara I), TM Ikhsan (Juara II), dan TM Cephi (Juara III). Pemenang dari kontes pidato humor Jabat adalah TM Fauzan (Juara I), TM Agustinus (Juara II), dan TM Anthony (Juara III). Para pemenang dari kontes ini akan melanjutkan pertandingannya di tingkat berikutnya. Selamat untuk para pemenang!

Foto pemenang kontes penilaian Jabat
Foto pemenang kontes pidato humor Jabat

          Waktu hampir menunjukkan pukul 14.00, acara kontes pidato humor, evaluasi, dan tall tales ditutup oleh ketua kontes dari masing-masing klub, TM Cynthis dan TM Ratih.Selamat kepada para pemenang kontes dan terima kasih sebesarnya kepada seluruh panitia!

Foto bersama seluruh panita, kontestan, dah hadirin Jabat & Excellent

 

          

 

Leave a Reply