TRANSPORTASI UMUM (30 September 2017)

            Pagi yang cerah di Rempah Iting! Pengoperasian terminal Pulo Gebang, penambahan rute transjakarta, dan pembangunan MRT yang diharapkan rampung di tahun 2019 memperlihatkan kesungguhan pemerintah dalam membangun transportasi umum di Indonesia. Pembangunan proyek MRT yang menyerebak hampir ke seluruh bagian kota Jakarta juga dirasakan oleh Pengarah Acara. Hal inilah yang mendorong pengarah acara untuk memilih tema “Transportasi Umum” dan kata acuan “Integrasi”.

            Pengarah Acara kita pada pertemuan hari ini adalah Hariadi, ACB, ALB, yang dibantu oleh Penilai Umum, Cynthis, CC. Tim Penilai Umum terdiri dari TM Agustinus sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Panji sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Wenny sebagai Pencatat Waktu, dan TM Medy sebagai pengumpul kertas suara.

            Pertemuan kali ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu: sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, dan sesi penilaian umum. Sesi pertama, yaitu sesi pidato yang dipersiapkan diisi oleh 2 pembicara. Pembicara pertama adalah Harlina, DTM yang memulai pidato pathways pertamanya di Jabat dengan pidato yang berjudul “Asam Manis”. Toastmaster Harlina mengalami manis pada waktu bersekolah, asam pada saat harus pulang ke Indonesia dan mempelajari bahasa Indonesia, serta manis kembali pada saat bergabung di Jakarta Bahasa Toastmasters. Beliau membagikan bagaimana Ia yang besar di Belgia harus pulang ke Indonesia serta suka duka mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia. Sungguh pidato yang sangat jelas, melalui pidato tersebut rekan-rekan di Jabat semakin mengenal Harlina, DTM.

            Pembicara kedua adalah TM Bima dengan pidatonya yang berjudul “Transportasi Online”. Toastmaster Bima membuka pidatonya dengan memberikan cerita percakapan Ia dan temannya saat belum ada transportasi online. Tiga keuntungan transportasi online berdasarkan pengalamannya: pemesanannya bebas, moda transportasi lebih bersih, dan pelayanan yang maksimal. Toastmaster Bima juga menghibur hadirin dengan cerita supir transportasi online yang cantik!

            Sesi berikutnya adalah sesi pidato dadakan yang dipandu oleh TM Welly. Di sesi ini para pembicara dilatih untuk berpikir cepat dalam menjawab pertanyaan maupun memberikan pendapat terhadap suatu pernyataan. Sesi yang memberikan waktu 1-2 menit untuk setiap pesertanya diikuti oleh TM Hanny, TM Medy, TM Winda, TM Panji, TM Wenny, TM Bima, TM Agustinus, dan TM Cynthis.

            Sesi  berikutnya adalah sesi penilaian umum. Di sesi ini Penilai Individu, Tim Penilai Individu, dan Penilai Umum memberikan penilaian masing-masing berdasarkan tugasnya. Penilai individu pada pertemuan kali ini adalah Indri, ACS, ALB, dan Cynthis, CC yang masing-masing memberikan hasil penilaiannya kepada Harlina, DTM dan TM Bima.

            Setelah melewati 3 sesi, tentunya terdapat bagian yang paling mendebarkan yaitu panggung kehormatan. Di pertemuan kali ini Harlina, DTM, Cynthis, CC, dan Indri, ACS, ALB, keluar sebagai pembicara favorit dari setiap sesi. Selamat untuk para pembicara favorit!

Kiri ke kanan: TM Medy, Cynthis, CC, Indri, ACS, ALB, Harlina, DTM, TM Winda.

            Demikianlah pertemuan yang bertemakan “Transportasi Umum”. Terima kasih untuk para pembicara yang telah membawakan pidato dengan sangat menarik dan para pemegang peran yang telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan sangat baik. Berkat semuanya acara dapat berlangsung dengan maksimal, kreatif dan inspiratif!

Foto bersama seluruh anggota dan tamu Jabat.

Ditulis oleh: Wenny, TM.

Leave a Reply