PAHLAWAN MASA KINI (11 November 2017)

            Satu hari setelah peringatan hari Pahlawan dan untuk memperingati perjuangan para pahlawan di Surabaya pada 72 tahun lalu, Jakarta Bahasa Toastmasters (Jabat) memilih tema “Pahlawan masa kini”. Bagaimanakah peran pahlawan di masa kini? Kata acuan untuk pertemuan kali ini adalah “Berani”.

            Pengarah Acara pada pertemuan ini adalah Cynthis, CC, CL, yang dibantu oleh Penilai Umum, Cephi, CC, CL. Tim Penilai Umum terdiri dari TM Panji sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Agus sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Hanni sebagai Pencatat Waktu, dan TM Maharani sebagai Pengumpul Kertas Suara.

            Pertemuan kali ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu: sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, dan sesi penilaian umum. Sesi pertama, yaitu sesi pidato yang dipersiapkan diisi oleh 3 pembicara, yaitu TM Wenny, TM Meity, dan TM Vania. Pembicara pertama, yaitu TM Wenny, membawakan pidato dari proyek penguasaan presentasi yang pertama, berjudul “Cintai Diri Sendiri”. TM Wenny menceritakan tentang cara membalut luka, yaitu mencintai diri sendiri dan memaafkan orang yang pernah menyakiti.

            Pembicara kedua, yaitu TM Meity, membawakan proyek pidato kedua yang berjudul “Belajar Bersama Jet Li”. Dengan sangat menarik, TM Meity menceritakan pengalamannya dalam menemukan metode belajar bahasa Inggris terbaik baginya. Menurut TM Meity, setiap orang mempunyai metode belajar yang berbeda, sehingga tetapkan dahulu apa yang menjadi tujuan belajar dan cari metode belajar yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut

            Pembicara ketiga, yaitu TM Vania, membawakan proyek pidato kesepuluh yang berjudul “Perasaan Takut, Menenggelamkan Mimpi”, yang artinya setelah menyelesaikan pidatonya yang kesepuluh, TM Vania akan mendapatkan sebuah gelar baru yaitu Competent Comunicator atau CC. Dalam pidatonya, TM Vania menceritakan bahwa keberanian yang sesungguhnya tersimpan di dalam diri kita. Berkat keputusan untuk berani mengubah diri, TM Vania mendirikan komunitas MSBTS atau Medical Student Behind The Scene. Selamat kepada Vania, CC.

            Sesi berikutnya adalah sesi pidato dadakan yang dipandu oleh TM Maharani. Di sesi ini para pembicara diminta memutar otak dan memberikan tanggapan selama 1-2 menit. Para pemberani di sesi ini adalah TM Winda, CTM Olive, CTM Aris, TM Fitrini, TM Hadi, dan Cephi, CC, CL. Sesi ini dipandu dengan sangat elok oleh TM Maharani.

            Sesi selanjutnya adalah sesi penilaian umum. Di sesi ini Penilai Umum, Tim Penilai Umum, dan Penilai Individu memberikan penilaian masing-masing sesuai tugasnya. Penilai Individu yang tidak segan membagikan ilmunya pada pertemuan ini adalah TM Bima, Iin, ACS, ALB, dan Harlina, DTM yang masing-masing menilai TM Wenny, TM Meity, dan Vania, CC.

            Panggung kehormatan adalah segmen yang paling dinantikan dan mendebarkan di Jabat. Setiap pembicara memiliki kemampuan yang berbeda tetapi satu yang menyatukan mereka, yaitu keinginan untuk terus maju. Pemenang ketiga sesi secara berurutan adalah TM Vania, TM Fitrini dan Harlina, DTM.

Kiri ke kanan: Vania, CC, TM Fitrini, Harlina, DTM, TM Maharani, dan TM Winda.

            Acara pada hari ini berlangsung dengan hangat dan riang. Pengarah Acara berhasil membakar semangat para hadirin di sepanjang pertemuan. Penilai Umum dan timnya memberikan masukan yang sangat lengkap. Para pembicara membawakan pidato dengan sangat berani dan menginspirasi hadirin. Pemandu Pidato Dadakan mengajak 1/3 hadirin untuk ikut serta dalam sesi pidato dadakan. Tak lupa para Penilai Individu yang tidak segan memberikan ilmunya dan menyampaikan masukkan yang lengkap dan membangun.

            Pengarah Acara menutup pertemuan dengan kalimat bijak dari Maya Angelou: “Pahlawan adalah setiap orang yang menjadikan masa kini sebagai masa yang terbaik untuk semua orang” Demikian pertemuan Jabat, Sabtu tanggal 11 November 2017. Terima kasih kepada para pembicara, penilai individu, dan pemegang peran.

Foto bersama seluruh anggota dan tamu Jabat.

 

Ditulis oleh: TM Wenny

Leave a Reply