MERAIH MASA DEPAN (18 November 2017)

            Di masa kini, salah satu cara meraih masa depan adalah melalui pendidikan. Berkaitan dengan Sesi Edukasi mengenai “Strategi Persiapan Aplikasi Beasiswa”, Pengarah Acara kita memilih tema “Meraih Masa Depan” dan kata acuan “Beasiswa”

            Pengarah Acara Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) hari ini adalah TM Hanni, yang dibantu oleh Penilai Umum, TM Ulfa. Tim Penilai Umum terdiri dari TM Meity sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Wenny sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Cephi sebagai Pencatat Waktu, dan TM Syifa sebagai pengumpul kertas suara.

            Pertemuan kali ini dibagi menjadi 4 sesi, yaitu: sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, sesi penilaian umum, dan sesi edukasi. Sesi pertama, yaitu sesi pidato yang dipersiapkan diisi oleh 3 pembicara Jabat peraih masa depan. Pembicara pertama adalah TM Bima, membawakan proyek dari BPD 8, yang berjudul “Jejaring Pertemanan”. TM Bima menceritakan berbagai macam jejaring sosial dan menjabarkan dengan detil tujuan penggunaan jejaring pertemanan tersebut. TM Bima tak lupa menyelipkan foto pertemuan luar ruangan JABAT di Ragunan.

            Pembicara kedua adalah TM Raja, membawakan proyek dari BPD 8, yang berjudul “Efek Kupu-Kupu”. TM Raja menceritakan efek kupu-kupu Elian Gonzales sampai terbunuhnya Saddam Hussein. Yang dapat kita pelajari dari efek kupu-kupu adalah Tuhan mempunyai rencana terhadap semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita dan teruslah berbuat baik bagi orang lain dan diri sendiri.

            Pembicara ketiga adalah TM Maharani, membawakan proyek dari BPD 6, yang berjudul “Indonesia Terlalu Besar untuk Gagal”. TM Maharani bagai memberikan koin 2 sisi. Walaupun Indonesia memiliki hutang luar negeri yang cukup besar, TM Maharani bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal-hal yang dapat membuat kita bangga sebagai WNI, yaitu: pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5 % di tahun 2016, Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dipelajari nomor 4 di Australia, fenomena-fenomena kecil yang dapat membuat WNI bahagia, dan adanya para pemuda yang berkeinginan membangun bangsa.

            Sesi berikutnya adalah sesi pidato dadakan yang dipandu oleh Ikhsan, CC. Sesi yang dipandu oleh Ikhsan, CC, kali ini cukup berbeda karena setiap pembicara pidato dadakan diajak untuk memilih satu benda di dalam kantung ataupun menjawab pertanyaan. Di sesi yang melatih kemampuan berpikir cepat ini, setiap pembicara diberi kesempatan 1-2 menit untuk memberikan pendapatnya. Sesi ini diikuti oleh TM Winda, TM Tono, CTM Rika, dan TM Savitri.

            Sesi  berikutnya adalah sesi penilaian umum. Di sesi ini Penilai Individu, Tim Penilai Individu, dan Penilai Umum memberikan penilaian masing-masing berdasarkan tugasnya. Penilai individu pada pertemuan kali ini adalah Hariadi ACB, ALB yang menilai TM Bima dan TM Maharani, dan Harlina, DTM yang menilai TM Raja.

            Sesi keempat yang tidak kalah menariknya adalah sesi edukasi yang dibawakan oleh Dina Novita, ACB, ALB, dengan judul “Strategi Persiapan Aplikasi Beasiswa”. Di sesi ini, Dina Novita, ACB, ALB memberikan 5 strategi persiapan aplikasi beasiswa untuk para peraih masa depan S2 dan S3. Sesi ini ditutup dengan Ketua Bidang Pendidikan JABAT yang memberikan cendera mata kepada Dina Novita, ACB, ALB. Terima kasih Dina Novita, ACB, ALB!

Kiri ke Kanan: TM Agustisnus, Dina Novita, ACB, ALB, TM Maharani

            Setelah melewati 4 sesi, tentunya terdapat bagian yang paling mendebarkan yaitu panggung kehormatan. Di pertemuan kali ini TM Maharani, TM Savitri, dan Hariadi ACB, ALB keluar sebagai pembicara terfavorit dari sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, dan sesi penilaian umum. Kerja keras dan latihan pasti membuahkan hasil!

Kiri ke Kanan: TM Agustinus, TM Savitri, Hariadi ACB, ALB, TM Maharani, TM Syifa.

            Demikianlah pertemuan JABAT hari ini. Terima kasih untuk para pembicara, pemegang peran, pemberi edukasi, dan penilai individu. Salam peraih masa depan! Kita nantikan kehadiran para rekan dan tamu di pertemuan JABAT, sabtu berikutnya!

Foto bersama seluruh anggota dan tamu Jabat.

Ditulis oleh: Wenny, TM.

Leave a Reply