BELAJAR DARI PENGALAMAN (13 Januari 2018)

            Sabtu kedua di bulan Januari, jangan jemu-jemu menuntut ilmu di Jabat sepanjang hari!

            Pertemuan kedua setelah liburan panjang, masih melekat ucapan “Selamat Tahun Baru!” Apakah rekan-rekan sudah membuat resolusi? Oleh karena itu Pengarah Acara TM Ardy memilih tema “Belajar dari Pengalaman”. Pada saat membuat resolusi, kita dapat melihat ke tahun 2017. Apakah ada pengalaman yang dapat dipelajari? Untuk itu kata acuan hari ini adalah “Hikmah”.

            Pengarah Acara kita dibantu oleh Penilai Umum, TM Agus. Tim Penilai Umum terdiri dari TM Iron sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Welly sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Y. Ikhsan sebagai Pencatat Waktu, dan TM Wenny sebagai Pengumpul Kertas Suara.

            Pertemuan hari ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu: sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, dan sesi penilaian umum. Sesi pertama, yaitu sesi pidato yang dipersiapkan diisi oleh 4 pembicara, yaitu TM Azka, TM Panji, TM Maharani, dan TM Raja.

Pembicara pertama, yaitu TM Azka, membawakan pidato dari BPD-7 yang berjudul “Impulsif”. TM Azka adalah tipe pembeli impulsif yang membeli kebutuhan berdasarkan dorongan tiba-tiba. TM Azka juga memberikan cara-cara untuk menjadi pembeli yang terencana. Para pembeli impulsif Jabat terlihat mengangguk dengan bersemangat.

            Pembicara kedua, yaitu TM Panji membawakan pidato dari proyek Penguasaaan Presentasi – 1 yang berjudul “Berani Berbuat, Berani Bertanggung Jawab”. Dalam pidatonya TM Panji menceritakan kesalahan masa lalunya di Divisi Call Center Air Asia. TM Panji memberikan 3 pedoman menulis di media masa yang Ia singkat menjadi 3 B – benar, baik, dan bermanfaat.

            Pembicara ketiga, yaitu TM Maharani membawakan pidato dari BPD-7 yang berjudul “Jomblo Bahagia”. Dalam pidatonya Maharani, TM membagi Jomblo menjadi 2 kategori, yaitu jomblo karena takdir dan jomblo karena pilihan. TM Maharani membagikan juga beberapa langkah untuk tetap bahagia sebagai jomblo. Kategori jomblo yang manakah kamu?

            Pembicara keempat, yaitu TM Raja, membawakan pidato dari BPD-9 yang berjudul “Ayo Membaca!”. TM Raja mejabarkan 2 kategori pembaca, yaitu pembaca yang membaca karena tuntutan dan orang yang hampir tidak pernah membaca karena terjebak rutinitas. Salah satu keuntungan membaca adalah melatih kemampuan otak. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membaca agar tidak pikun.

            Sesi berikutnya adalah sesi pidato dadakan yang dipandu oleh  Bima, CC. Dalam sesi ini peserta dilatih untuk berpikir cepat, dengan metode menjawab pertanyaan dan menanggapi pernyataan dalam 1-2 menit. Peserta di sesi ini adalah CTM Ahmad, CTM Mitha, CTM Indra, CTM Agus dan CTM Angel.

            Sesi selanjutnya adalah sesi penilaian umum. Di sesi ini Penilai Umum, Tim Penilai Umum, dan Penilai Individu memberikan penilaian masing-masing sesuai tugasnya. Penilai Individu yang tidak segan membagikan ilmunya pada pertemuan ini adalah Cephi, CC, CL yang menilai TM Azka dan TM Maharani; TM Evan yang menilai TM Panji; dan Cynthis, CC, CL yang menilai TM Raja.

            Setelah melewati 3 sesi, tentunya terdapat bagian yang paling mendebarkan yaitu panggung kehormatan. Kerja keras dan persiapan yang matang tidak akan mengkhianati hasil. Pembicara terfavorit dari setiap sesi di pertemuan kali ini, adalah: TM Maharani dan TM Azka sebagai pemenang pembicara favorit di sesi pidato yang dipersiapkan; Cynthis, CC, CL sebagai pemenang pembicara favorit di sesi penilaian individu; dan CTM Angel sebagai pemenang pembicara favorit di sesi pidato dadakan.

 

Kiri ke kanan: TM Agus, TM Maharani, TM Azka, Cynthis, CC, CL, CTM Angel, TM Wenny.

            Pengarah Acara menutup pertemuan dengan sangat luwes. Pengurus mengumumkan bahwa Sabtu, 20 Januari 2018 tidak ada pertemuan. Pertemuan diadakan kembali pada Sabtu terakhir di bulan Januari.

            Demikian pertemuan Jabat, Sabtu tanggal 13 Januari 2018. Terima kasih untuk para pembicara, pemegang peran, penilai individu, dan hadirin. Mari kita belajar dari pengalaman di tahun 2017, dan menjadikannya sebagai hikmah di tahun 2018!

Foto bersama seluruh anggota dan tamu Jabat.

Leave a Reply