LOMBA GABUNGAN PIDATO YANG DIPERSIAPKAN DAN PIDATO DADAKAN OLEH JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS DAN JAKARTA MOTIVATOR TOASTMASTERS (10 FEBRUARI 2018)

          Sabtu 10 Februari 2018, diadakan lomba gabungan pidato oleh Jakarta Bahasa Toastmasters (Jabat) dan Jakarta Motivator Toastmasters (Motz). Para peserta dan tamu mulai ramai berkumpul sejak pukul 08.30. Lomba berlangsung dari pukul 09.00 – pukul 14.00. Lomba ini diadakan di gedung Merchantile WTC-1.

          Lomba diawali dengan sambutan oleh ketua kontes Motz, TM Lies dan ketua kontes Jabat, TM Raja. Keduanya mendapatkan tepuk tangan yang meriah. Selanjutnya ketua kontes menyerahkan acara kepada pemandu kontes Motz, TM Kodijah dan pemandu kontes Jabat, TM Vania. Lomba diadakan dengan urutan pidato yang dipersiapkan Motz, pidato yang dipersiapkan Jabat, pidato dadakan Motz, pidato dadakan Jabat, istirahat, apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta lomba, serta pengumuman pemenang.

Foto ketua kontes Jabat dan Motz (kiri ke kanan): TM Raja dan TM Lies.

 

Foto pemandu kontes Motz dan Jabat (kiri ke kanan): TM Khadijah dan TM Vania.

          Berikut adalah perlombaan yang diikuti oleh para anggota Jabat.

          Sesi pidato yang dipersiapkan Jabat dimulai dengan pembacaan aturan oleh pemandu kontes Jabat. Peserta pidato yang dipersiapkan adalah: TM Agustinus, TM Bima, TM Ade, dan TM Azka. Empat peserta pidato yang dipersiapkan membawakan pidato dengan sangat piawai. Ada yang menceritakan tentang masa lalu, kegemaran, maupun perubahannya.

          Selanjutnya pemandu kontes Jabat memberikan peraturan dan membacakan pernyataan untuk pidato dadakan Jabat: “Kepercayaan itu mahal harganya, tidak semua orang orang pantas mendapatkannya.” Para peserta diberikan waktu 30 detik untuk memikirkan tanggapannya. Para peserta pidato dadakan adalah: TM Angel, TM Wenny, TM Agus, TM Bima, TM Panji, TM Azka, dan TM Ade.

Foto peserta pidato yang dipersiapkan dan pidato dadakan: TM Agus.
Foto peserta pidato yang dipersiapkan dan pidato dadakan: TM Ade.
Foto peserta pidato yang dipersiapkan dan pidato dadakan: TM Azka.
Foto peserta pidato dadakan: TM Panji.
Foto peserta pidato dadakan: TM Wenny.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto peserta pidato dadakan: TM Angel.

          Berikutnya para peserta, anggota, serta tamu Jabat dan Motz dipersilahkan istirahat, sholat, dan makan selama 35 menit. Panitia telah menyiapkan hidangan berupa roti tumpuk dan nasi ayam hainam di bagian belakang ruangan. Selama waktu istirahat, para peserta, anggota, serta tamu terlihat bercengkrama.

          Acara berikutnya adalah pemberian sertifikat panitia gabungan, foto bersama panitia gabungan, pemberian sertifikat peserta lomba, dan foto bersama peserta, yang dipimpin oleh pemandu kontes Jabat, TM Vania, dan para ketua kontes, TM Lies dan TM Raja. Pemberian sertifikat adalah wujud apresiasi ketua kontes kepada seluruh panitia dan peserta.

          Para panitia yang telah berjasa sehingga lomba gabungan dapat terlaksana, yaitu TM Lies dan TM Raja sebagai ketua kontes, TM Khadijah dan TM Vania sebagai pemandu kontes, para tim juri, TM Meity sebagai pengumpul kertas suara, TM Sessi sebagai SAA, TM Nila dan TM Raja sebagai pencatat waktu, TM Welly dan TM Syla sebagai bagian pendaftaran dan konsumsi, TM Welly sebagai bagian dokumentasi.

Foto para panitia (kiri-kanan): TM Raja, TM Sessi, TM Meity, TM Nila, TM Liez, TM Khadijah, TM Vania.

          Para peserta lomba Jabat yang telah mengambil tantangan adalah TM Ade, TM Agustinus, TM Angel, TM Azka, TM Bima, TM Panji, dan TM Wenny. Para peserta lomba Motz yang telah mengambil tantangan adalah TM Andi, TM Edwin, TM Hesti, TM Lambang, TM Mohammad Arya, TM Ratih, TM Satrio, dan TM Septi.

Foto para peserta Jabat: TM Panji, TM Agus, TM Ade, TM Bima, TM Angel, TM Wenny, dan TM Azka.

          Selanjutnya adalah pengumuman pemenang dari para peserta pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, serta pembicara favorit dari selama berlangsungnya perlombaan.

          Pemenang pidato yang dipersiapkan Jabat adalah: TM Agustinus (Juara I), TM Ade (Juara II), dan TM Azka (Juara III). Pemandu kontes dan Direktur Divisi I, Fia Maharani memberikan piala dan sertifikat kepada para pemenang.

          Pemenang pidato dadakan Jabat adalah: TM Ade (Juara I), TM Azka (Juara II), dan TM Agustinus (Juara III). Pemandu kontes dan Direktur Divisi I memberikan piala dan sertifikat kepada para pemenang.

Para pemenang pidato yang dipersiapkan dan dadakan Jabat (kiri-kanan): TM Raja, TM Fia, TM Ade, TM Azka, TM Agus, dan TM Vania.

          Selanjutnya, pemenang pembicara terfavorit adalah TM Edwin yang berasal dari Motz. Para pemenang pidato yang dipersiapkan Jabat akan melanjutkan perlombaan mereka di tingkat Divisi pada tanggal 14 April 2018.

          Pemandu kontes mengembalikan acara kepada Ketua Kontes Motz, TM Lies dan Ketua Kontes Jabat, TM Raja. Kontes diakhiri dengan peniupan lilin, pemotongan kue, dan pemberian kue dari Presiden Motz, TM Lambang, kepada Direktur dari Divisi J, TM Farina Amelia, dan pemberian kue dari Presiden Jabat, TM Agustinus, kepada Direktur dari Divisi I, Fia Maharani.

Foto kue perlombaan gabungan Motz dan Jabat.
Foto peniupan kue (kiri-kanan): TM Agus, TM Fia, TM Farina, TM Lambang.
Foto pemotongan kue (kiri-kanan): TM Agus (Presiden Jabat), TM Lambang (Presiden Motz).
Foto Presiden Motz dan Direktur Divisi J.
Foto Presiden Jabat dan Direktur Divisi I.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto kiri ke kanan: TM Vania, TM Agus, TM Fia, TM Farina, TM Lambang, TM Khadijah.

          Selamat kepada para pemenang kontes dan terima kasih sebesarnya kepada Ketua Kontes dan seluruh panitia!

Flyer Lomba Gabungan Motz dan Jabat.

 

Foto bersama para anggota dan tamu Motz dan Jabat.

 

Ditulis oleh: TM Wenny.

Leave a Reply