MENGENANG KENANGAN (3 FEBRUARI 2018)

          Waktu kosong di hari Sabtu,

          bingung mau menghabiskan waktu ke mana

          Ayo kita menimba ilmu,

          bersama belajar di Jabat dengan ceria.

          Setiap kali kita datang ke tempat yang pernah kita datangi sebelumnya, kita mengenang kenangan. Kadang apa yang kita rasakan di masa lalu berbeda dengan apa yang kita rasakan di masa sekarang walaupun di situasi serupa. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan nostalgia adalah kerinduan yang kadang-kadang berlebihan pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau yang sudah tidak ada sekarang, maupun kenangan manis pada masa yang telah lama silam. Oleh karena itu Pengarah Acara kita, TM Azka, memilih tema “Mengenang Kenangan” dan kata acuan “Nostalgia”.

          Bersatu kita kuat, bercerai kita runtuh. Pengarah Acara kita tidak bekerja sendirian melainkan dibantu oleh Penilai umum dan Tim Penilai Umum. Setelah pembawa acara mengajak kita bernostalgia sejenak, marilah kita memperkenalkan Penilai umum dan tim Penilai Umum, yaitu TM Iron sebagai Penilai Umum, TM Hadi sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Bima sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Angel sebagai Pencatat Waktu, dan TM Mita sebagai Pengumpul Kertas Suara.

          Pertemuan hari ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi Pidato yang Dipersiapkan, sesi Pidato Dadakan, dan sesi Penilaian Umum. Di sesi pidato yang dipersiapkan terdapat 2 pembicara yang telah mempersiapkan diri secara maksimal, yaitu TM Meity dan TM Panji.

          Pembicara pertama yaitu TM Meity membawakan pidato dari Jalur Penguasaan Presentasi – 1 yang berjudul “Pelajaran”. TM Meity membuka pidato dengan pertanyaan yang menarik mengenai mata pelajaran favorit dari para anggota dan tamu. TM Meity membagikan pelajaran kehidupan yang didapatnya selama 30 tahun lebih sedikit dari masa kehidupannya, di antaranya: berhenti menyalahkan orang lain atas kekurangan diri anda (termasuk menyalahkan orang tua), tidak perlu memaksakan diri untuk disukai semua orang, dan semangat kita untuk maju harus lebih kuat dari rasa takut.

          Pembicara kedua yaitu TM Panji membawakan pidato yang ke-2 dari Jalur Penguasaan Presentasi – 1 yang berjudul “Berani Berbuat, Berani Bertanggung Jawab”. Detil pidato TM Panji dapat dibaca di pertemuan tanggal 13 Januari 2018. Di pidato kali ini TM Panji terlihat lebih mantap, langkah kaki yang menguasai panggung, dan memberikan kesan yang lebih mendalam. Kedua pembicara telah berhasil menyelesaikan tahapan pertama dan kedua dari Jalur Penguasaaan Presentasi – 1.

          Sesi berikutnya yaitu Sesi Pidato Dadakan. Di sesi ini setiap pembicara dilatih untuk berpikir dan mengolah kata secara cepat. Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh Cynthis, CC, CL yang memberikan 8 pertanyaan atau pernyataan yang memancing para anggota dan tamu untuk bernostalgia. Sungguh sesi yang memberikan warna dan debaran pada setiap pertemuan Jabat. Para peserta Sesi Pidato Dadakan adalah TM Agustinus, TM William, CTM Nugi, CTM Ani, TM Wenny, Bima, CC, CL, dan TM Angel.

          Sesi selanjutnya adalah Sesi Penilaian Umum.  Di sesi ini Penilai Umum, Tim Penilai Umum, dan Penilai Individu memberikan penilaian masing-masing sesuai tugasnya. Penilai Individu yang tidak segan membagikan ilmunya pada pertemuan ini adalah Cephi, CC, CL yang menilai TM Meity, dan TM Evan yang menilai TM Panji.

          Setelah melewati 3 sesi, tentulah bagian ini merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu yaitu panggung kehormatan. Kerja keras dan persiapan yang matang tidak akan mengkhianati hasil. Pembicara terfavorit di pertemuan kali ini, adalah: TM Meity sebagai pembicara terfavorit pada sesi Pidato yang Dipersiapkan; Cephi, CC, CL sebagai pembicara terfavorit di sesi Penilaian Individu, dan CTM Nugi sebagai pembicara terfavorit di sesi Pidato Dadakan.

 

Kiri ke kanan: TM Mitha, TM Nugi, TM Meity, Cephi, CC, CL, TM Agustinus.

          Setelah Pembawa Acara membawa kita bernostalgia sepanjang hari, pertemuan ditutup dengan dengan pengumuman Lomba Gabungan Pidato yang Dipersiapkan dan Pidato Dadakan di lantai 18 gedung WTC 1. Sampai jumpa di perlombaan gabungan !!

Foto bersama seluruh anggota dan tamu Jabat.
Flyer Lomba Gabungan Pidato yang Dipersiapkan dan Pidato Dadakan

Leave a Reply