ATAS NAMA KEMANUSIAAN (19 MEI 2018)

          Pekan ini Indonesia diresahkan karena teror bom di Surabaya, Sidoarjo, dan Riau. Empati yang besar terhadap peristiwa tersebut membuat pengarah acara, yaitu TM Azka, memilih tema “Atas Nama Kemanusiaan” dan kata acuan “Korban”.

          Hari yang cerah ini, pembawa acara Jabat bekerja sama dengan penilai umum, TM Bagus, dan timnya. TM Agustinus sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Nugi sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna serta TM Panji sebagai Pencatat Waktu, dan TM Charles sebagai Pengumpul Kertas Suara.

          Seluruh pertemuan Jabat terbagi atas 3 Sesi, yaitu: sesi pidato yang dipersiapkan, sesi pidato dadakan, dan sesi penilaian umum. Setiap sesi memiliki manfaat tersendiri.

          Sesi pertama atau sesi pidato yang dipersiapkan, dilaksanakan oleh 2 pembicara. Pembicara pertama yaitu TM Aspri membawakan pidato dari level 1 Pathways, yang berjudul “Investasi Saham dan Vegetarian”. Melalui pidato tersebut, TM Donny menggugah para anggota Jabat dan tamu untuk memiliki peran di dunia.

          Pembicara kedua yaitu TM Yudha membawakan pidato dari level 1 Pathways, yang berjudul “Rahasia Kehidupan”. TM Yudha menceritakan bahwa manusia harus mempunyai mimpi, belajar, dan berusaha.

          Pembicara ketiga yaitu TM Maharani membawakan pidato dari BPD 9, yang berjudul “Keunikan Nepal”. TM Maharani menceritakan pengalamannya perjalanannya ke Nepal.

          Sesi kedua, yaitu sesi pidato dadakan adalah sesi untuk melatih berpikir, mengolah kata, dan memberikan jawaban secara cepat. Pemandu pidato dadakan, yaitu TM Irene memberikan beberapa pertanyaan dan pernyataan. TM Irene mengajak para anggota Jabat dan para tamu dalam sesi pidato dadakan.

          Sesi ketiga adalah Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini Penilai Umum dan timnya, beserta Penilai Individu memberikan penilaian sesuai tugas masing-masing. Penilai Individu yang membagikan ilmu dengan sangat baiknya adalah Ade, CC, CL yang menilai TM Aspri, Vania, CC yang menilai TM Yudha Ikhsan, Harlina, DTM yang menilai TM Maharani.

          Setelah melewati 3 sesi, tibalah kita di bagian panggung kehormatan. Ketiga pembicara dari sesi pidato yang dipersiapkan, melebihi waktu yang ditentukan sehingga didiskualifikasikan. Para Pembicara terfavorit adalah Ade, CC, CL sebagai pembicara terbaik dari penilaian individu, dan TM Vania dan CTM Mubi sebagai pembicara terbaik dari pidato dadakan.

Foto: (kiri-kanan) TM Charles, CTM Mubi, TM Vania, TM Ade, dan TM Azka

          Tak ada acara yang tak berakhir. Terima kasih kepada para penilai individu, pembicara, dan pemegang peran. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya!

Foto: Seluruh anggota Jabat dan tamu.

#SalamJabat #AyokeJabat

 

Penulis: TM Wenny.

2 comments

Leave a Reply