PELANTIKAN PRESIDEN JABAT DAN KABINET YANG MUDA DAN MELEGENDA (30 Juni 2018)

 

            Demokrasi adalah bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaan wakilnya. Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai bentuk demokrasi, dimulai dari demokrasi terpimpin sampai dengan demokrasi saat ini. Tiga hari yang lalu, Negara Republik Indonesia baru saja merakan pesta demokrasi dengan pilkada serentak di 171 daerah.

            Semangat yang sama dirasakan di Jabat, hari ini Presiden Jabat periode 2017/2018 sekaligus Direktur Area I1 periode 2018/2019 akan melantik seluruh Pengurus Jabat periode 2018/2019. Hal tersebutlah yang mendorong TM Aspri sebagai Pengarah Acara, memilih tema “Pesta Demokrasi” dan kata acuan “Pemimpin.

            Pengarah acara akan bekerja sama dengan Penilai Umum, Bima, CC, dan timnya. TM Hadi sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Wenny sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Maharani sebagai Pencatat Waktu, dan TM Cephi sebagai Pengumpul Kertas Suara.

            Seluruh pertemuan Jabat terbagi atas 3 Sesi, yaitu: sesi Pidato yang Dipersiapkan, sesi Pidato Dadakan, dan sesi Penilaian Umum. Setiap sesi memiliki manfaat tersendiri.

            Sesi pertama atau sesi pidato yang dipersiapkan, dilaksanakan oleh 3 pembicara. Pembicara pertama yaitu TM Mewan membawakan pidato dari tingkat 1 Pathways, yang berjudul “Menyederhanakan Pikiran”. Didasari pertemuan dengan teman-teman sekolahnya, TM Mewan memberikan beberapa trik berwirausaha kepada para anggota dan tamu Jabat.

            Pembicara kedua yaitu TM Tengku membawakan pidato dari tingkat 1 Pathways, yang berjudul “Budaya di Bulan Ramadhan”. Dari segala kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadhan, esensi dari bulan Ramadhan adalah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan melakukan kebaikan kepada sesama.

            Pembicara ketiga yaitu TM Panji membawakan pidato dari tingkat 1 Pathways, yang berjudul “Algoritma Media Sosial”. Dalam penggunaan media sosial terdapat sistem tersendiri yang memapar kita dengan informasi-informasi yang terkait dengan pencarian kita sebelumnya, ataupun pencarian dari teman di media sosial kita. Hal tersebut dapat mengakibatkan seseorang merasa pemikirannya paling benar, anti kritik, dan fanatik.

            Sesi kedua, yaitu sesi pidato dadakan adalah sesi untuk melatih diri berpikir, mengolah kata, dan memberikan jawaban secara cepat. Pemandu pidato Dadakan adalah TM Meity yang mengajak anggota dan para tamu untuk aktif berpartisipasi, yaitu Iin, ACB, ALB, TM William, TM Zulfikar, CTM Michael, dan TM Wenny.

            Sesi ketiga adalah sesi penilaian umum. Di sesi ini Penilai Umum dan timnya, beserta Penilai Individu memberikan penilaian sesuai tugas masing-masing. Penilai individu yang tidak lelah membagikan ilmu adalah Ikhsan, CC yang menilai TM Mewan, Hariadi, ACB, ALB yang menilai TM Tengku, dan Ade, CC, CL yang menilai TM Panji.

            Bagian yang selalu ditunggu setiap Sabtu adalah panggung kehormatan. Pemenang dari setiap sesi adalah: TM Tengku sebagai pemenang dari sesi Pidato yang Dipersiapkan, TM Zulfikar sebagai pemenang dari sesi Pidato Dadakan, dan TM Ade sebagai pemenang dari sesi Penilaian Individu.

 

 

Foto pemenang dari setiap sesi (kiri ke kanan): Cephi, CC, CL, TM Aspri, TM Tengku, TM Zulfikar, TM Ade, dan TM Agustinus.

 

            Waktu menunjukkan pukul 11.30 WIB. Pada pertemuan biasa, panggung kembali diserahkan ke pengurus, dan pengurus akan mewawancara tamu sebelum menutup pertemuan. Namun di pertemuan Sabtu ini TM Agustinus selaku Presiden Jabat periode 2017/2018 dan Direktur Area periode 2018/2019 kembali memimpin acara.

            Gegap gempita yang terasa di awal pertemuan kembali dirasakan. Para anggota Jabat yang hadir menantikan acara puncak yaitu Pelantikan Pengurus Periode 2018/2019.

            Acara Pelantikan Pengurus Periode 2018/2019 terdiri atas 2 sesi, yaitu Pelepasan Pengurus Periode 2017/2018 dan Pelantikan Pengurus Periode 2018/2019. Di sesi pertama, TM Agus mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pengurus periode 2017/2018. Kemudian TM Agustinus membebastugaskan Pengurus periode 2017/2018 dan membebastugaskan diri dari tanggungjawab kepengurusan Jabat periode 2017/2018.

Foto pengurus periode 2017/2018 (kiri ke kanan): TM Wenny, TM Hadi, TM Azka, TM Vania, TM Maharani, dan TM Agustinus.

            Acara Pelantikan Pengurus Periode 2018/2019 diseling dengan pemberian sertifikat kepada anggota terbaik Jabat periode 2017/2018 yang dipimpin oleh TM Maharani. Pemilihan anggota terbaik telah melewati proses penyaringan yang panjang, diantaranya jumlah kehadiran, tingkat keaktifan mengambil peran dan berpidato. TM Maharani sebagai Wakil Ketua Pendidikan periode 2017/2018 menyerahkan Sertifikat Anggota Terbaik kepada TM Meity.

Foto penyerahan sertifikat Anggota Terbaik 2018/2019.

            Sesi kedua yaitu Pelantikan Pengurus periode 2018/2019 kembali dipimpin oleh TM Agustinus. TM Agustinus menanyakan kesiapan setiap Pengurus baru dan menyerahkan palu kepemimpinan Jabat secara bergilir, yang berakhir di TM Maharani sebagai Presiden (President) Jabat 2018/2019.

Foto pengurus baru periode 2018/2019 (kanan ke kiri): TM Agustinus (Direktur Area I3), TM Maharani (Presiden), TM Meity (Wakil Ketua Pendidikan), TM Wiliam (Wakil Ketua Keanggotaan), TM Y. Ikhsan (Wakil Ketua Hubungan Masyarakat), TM Aspri (Bendahara).

            TM Maharani mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan dan memperkenalkan kabinetnya. Kabinet “Yang Muda dan Melegenda” terdiri atas TM Meity sebagai Wakil Ketua Pendidikan (VPE), TM Wiliam sebagai Wakil Ketua Keanggotaan (VPM), TM Y. Ikhsan sebagai Wakil Ketua Hubungan Masyarakat (VPPR), TM Pariyani sebagai Sekretaris (Secretary), TM Aspri sebagai Bendahara (Treasurer), dan TM Dicky sebagai Logistik (SAA).

            Acara terakhir yaitu pelantikan anggota baru periode 2017/2018 merupakan tugas terakhir dari Presiden Jabat periode 2017/2018, TM Agustinus. Para anggota baru yang dilantik adalah TM Aspri, TM Yudha Ikhsan, TM Hadi, TM Mewan, TM Tengku, dan TM William.

Foto para anggota baru periode 2017/2018 (kiri ke kanan): TM Aspri, TM Y. Ikhsan, TM Hadi, TM Mewan, TM Tengku, TM Agustinus.

            Terima kasih kepada seluruh Pengurus Jabat yang telah melayani selama periode 2017/2018. Terima kasih kepada seluruh Pemegang Peran, Penilai Individu, dan Pembicara.

            Selamat berjuang Presiden Jabat periode 2018/2019 dan kabinet “Yang Muda dan Melegenda”, sampai bertemu di pertemuan Sabtu berikutnya!

Foto seluruh anggota dan tamu Jabat

Penulis: TM Wenny.

Leave a Reply