Agenda Rutin

Agenda rutin setiap pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters:  

  1. Pidato yang dipersiapkan

Pada sesi ini, hadirin akan mendengarkan pidato dari para anggota yang sudah mengajukan diri untuk menjadi pembicara jauh-jauh hari sebelumnya. Pidato yang dipersiapkan harus sudah dibuat oleh pembicara sebelum hari pertemuan. Isi dan durasi pidato disesuaikan dengan proyek yang terdapat dalam buku panduan Toastmasters. Penyampaian pidato ini akan dinilai oleh penilai individu yang akan mengemukakan kelebihan dan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pidato tersebut sehingga diharapkan dari waktu ke waktu pembicara dapat memperbaiki isi dan cara penyampaian pidatonya.  

  1. Pidato Dadakan

Pada sesi ini, anggota akan berlatih memberikan pidato singkat selama 1-2 menit dengan menjawab pertanyaan dadakan yang diberikan oleh moderator. Manfaat sesi pidato dadakan adalah kita bisa berlatih memberi sambutan singkat tanpa dipersiapkan dalam sebuah acara. Manfaat lainnya adalah kita bisa melatih diri memberi jawaban yang terstruktur dan terarah ketika dimintai pendapat secara tiba-tiba oleh atasan atau dalam menanggapi pertanyaan wawancara kerja.  

  1. Penilaian

Dalam setiap pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters, selain ada anggota yang berpidato ada juga anggota yang berperan sebagai penilai individu, pemerhati tata bahasa, pemerhati kata tanpa makna, dan pencatat waktu, yang akan menilai dan memperhatikan serta memberi masukan kepada anggota yang berpidato.      

Jadwal Pertemuan Rutin Jakarta Bahasa Toastmasters  

Hari        : Sabtu

Pukul     : 10.00–12.00 WIB

Tempat  : Menara Kuningan lantai F2/F3, Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan (seberang Kedutaan Australia), Jakarta Selatan    

9 comments

Leave a Reply