FAQ

Tentang Toastmasters dan Jakarta Bahasa Toastmasters ž

Apa itu Jakarta Bahasa Toastmasters?

Silakan lihat di bagian Selamat Datang  

 

Tentang Pendaftaran dan Keanggotaan ž

Siapa yang boleh menjadi anggota klub Toastmasters?

Toastmasters terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi anggota, tanpa memandang usia, latar belakang pendidikan, suku, agama, atau pekerjaan.   ž

Bagaimana caranya menjadi anggota Jakarta Bahasa Toastmasters?

Menjadi anggota Jakarta Bahasa Toastmasters sangat mudah, yaitu:

  1. Anda datang ke klub yang diinginkan untuk menjadi tamu terlebih dahulu agar bisa menjajaki metode pembelajaran berbicara di depan umum (public speaking) di Toastmasters.
  2. Jika suasana belajar cocok bagi Anda, silakan Anda mengisi formulir pendaftaran dan membayar iuran.

Jika datang sebagai tamu, apakah saya harus mendaftar terlebih dahulu?

Tidak. Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Silakan langsung datang ke klub.   ž

Apakah untuk menjadi anggota, saya harus menunggu angkatan/kelas/batch baru?

Tidak perlu. Anda bisa menjadi anggota kapan saja tanpa menunggu waktu tertentu dan tanpa menunggu angkatan/kelas/batch baru. Metode pembelajaran public speaking di Toastmasters sangat unik karena anggotalah yang menentukan sendiri kemajuan belajarnya berdasarkan proyek yang sudah ditentukan di buku panduan.

Berapa biaya iuran keanggotaan?

Di Toastmasters ada 2 macam iuran:

  1. Uang pangkal (membership fee) sebesar Rp290.000,- yang hanya dibayar sekali seumur hidup termasuk jika menjadi anggota di klub yang berbeda.
  2. Iuran bulanan (monthly fee) sebesar Rp108.750,- per bulan. Iuran bulanan ini dibayarkan per 6 bulan di muka pada bulan Maret dan September sebesar Rp652.500,-.

Dengan menjadi anggota, Anda akan mendapatkan 2 buku panduan, terdiri atas 1 eksemplar buku panduan Competent Communicator dan 1 eksemplar buku panduan Competent Leadership. Selain itu Anda akan mendapatkan majalah bulanan Toastmasters yang dikirim langsung dari kantor pusat di Amerika Serikat.

žAdakah iuran yang lain?

Ada. Klub Toastmasters akan menarik iuran kehadiran yang besarnya bervariasi (bergantung pada klub yang bersangkutan). Iuran kehadiran akan digunakan untuk biaya sewa ruangan dan/atau untuk pengadaan makanan kecil. Di Jakarta Bahasa Toastmasters, setiap hadirin—termasuk tamu yang bukan anggota—ditarik iuran kehadiran hanya sebesar Rp20.000,- per kehadiran. Hubungi Winda, TM (Ketua Bidang Keanggotaan) 0813 1863 8693 untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan keanggotaan.  

 

Tentang Pertemuan Klub

Kapan jadwal pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters?

Pertemuan rutin diadakan setiap hari Sabtu, pukul 10.00-12.00 WIB, di Menara Kuningan Lt. F2/F3, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. (Seberang Kedutaan Besar Australia).  

Apa yang saya lakukan jika saya menghadiri pertemuan klub?

Jika masih berstatus tamu, Anda:

  1. mengamati metode belajar menjadi komunikator yang andal di Toastmasters.
  2. diminta memperkenalkan diri di awal pertemuan dan memberikan kesan Anda selama mengikuti pertemuan.
  3. mungkin diminta untuk terlibat dalam sesi Pidato Dadakan.

Jika sudah berstatus anggota, Anda bisa memilih untuk:

  1. mengambil peran sebagai pembicara
  2. mengambil peran-peran lain yang penting untuk melatih kemampuan kepemimpinan, misalnya pengarah acara, penilai umum, pemerhati tata bahasa, pemerhati bunyi tanpa makna, pencatat waktu, pengumpul kertas suara, pembawa acara sesi Pidato Dadakan, atau sebagai penilai individu jika Anda sudah menyelesaikan proyek ke-5 buku panduan dasar Competent Communicator.
  3. mendukung pertemuan dengan menyemangati anggota lain yang sedang mengambil peran.

Apakah pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters menggunakan bahasa Inggris?

Tidak. Pertemuan kami diadakan dalam bahasa Indonesia, bahkan klub kami adalah satu-satunya klub Toastmasters yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.  

Tampaknya pertemuan klub sangat serius. Apakah benar begitu?

Dalam hal tertentu benar. Karena sesungguhnya klub Toastmasters adalah tempat belajar menjadi pembicara/komunikator yang andal. Sistem belajarnya terpandu dengan baik melalui buku panduan Competent Communicator. Semakin Anda serius dan bersungguh-sungguh belajar, semakin cepat Anda menguasai keterampilan dasar berkomunikasi yang efektif. Namun, metode belajar di Toastmasters didukung oleh sikap positif dari para anggotanya dan dalam lingkungan yang kondusif bagi pemula. Kami mendorong para anggota untuk saling mengenal, sehingga bisa dikatakan kami ini adalah “keluarga” yang akrab satu sama lain yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadi pembicara yang efektif, baik di lingkungan pribadi maupun di lingkungan kerja.

Leave a Reply